Video Editor Gratis dan cara menggunakannya untuk Para Pemula

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai edit mengedit video. Nah, pasti buat para youtubers suka banget melakukan edit mengedit video ini. Tidak hanya youtubers, semua orang yang ingin videonya tampak lebih baik dan bagus lagi pasti melakukan editing pada videonya, entah hanya proses pemotongan, penggabungan, pemberian efek,  atau yang lainnya. 
Nah, buat para pemula seperti saya ini, saya ingin berbagi pengalaman saya tentang edit mengedit video ini. Buat para pemula dan ingin editor video gratis tapi berkualitas, saya punya solusinya, yakni Video Pad Video Editor dan VSDC Free Video Editor.


1.       Video Pad Video Editor
Nah, untuk Video Pad Video Editor ini ada dua versi yakni yang versi gratis (untuk penggunaan non komersial atau untuk penggunaan skala rumahan) dan versi berbayar.  Untuk lebih jelasnya bisa cari di google . Kalau ingin download Video Pad Video Editor yang versi gratis ini cari yang ada tulisannya Get it Free pada web NCH (karena Video Pad Video Editor merupakan produk dari NCH).
Ketika Video Pad sudah di download dan di extract, dan kemudian kita buka, maka nanti akan muncul suatu tampilan seperti di bawah ini :



Lalu pilih yang ‘Certify This Program is being used for non-commercial, home use only’ (untuk yang versi gratis), kemudian pilih ‘New Project’ (jika ingin membuat project baru) atau ‘Open Project’ (Jika sudah pernah membuat project sebelumnya dan ingin menyempurnakannya kembali).
Dengan Video Pad ini kita dapat memotong, menggabungkan,memberi efek transisi, dan lain sebagainya dengan mudah, karena fitur yang dimiliki cukup memudahkan para penggunanya. Pengguna cukup menambahkan video dengan mengeklik Add File seperti gambar di bawah ini:


Setelah video selesai ditambahkan, drag video dan masukkan ke dalam Timeline seperti yang di tunjukkan oleh gambar di bawah ini:

Kemudian video mentah siap untuk di edit. Untuk memotongnya cukup mengeblok video yang sudah di drag di Timeline kemudian tekan tombol Delete pada Keyboard. Untuk menggabungkan video cukup menambahkan video baru kemudian mengedrag ke Timeline yang sejajar dengan video yang sebelumnya seperti gambar dibawah ini:

Untuk memberikan efek transisi tinggal klik tombol seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:


*) Untuk selebihnya bisa bereksperimen sendiri saja ya.  Sedikit tambahan jika ingin mengeclose program:
Close program-> klik Save jika project ingin disimpan, atau klik Discard jika Project tidak ingin disimpan, atau klik cancel jika tidak ingin mengeclose program 


2.       VSDC Free Video Editor
Sedangkan untuk VSDC ini,  bisa kita gunakan juga untuk pemanis video yang telah kita edit misalnya dengan menambahkan gambar, animasi, dll. Contoh hasilnya adalah membuat seperti info mengenai akun sosmed kita seperti facebook, twitter, path, dll serta memberikan imbauan kepada para penonton video kita untuk mensubscribe video kita di youtube, seperti pada contoh yang sudah ditandai seperti gambar di bawah ini:

Caranya gampang, seperti ini:
1.       Download VSDC Free Video Editor
2.       Extract file-nya
3.       Jika sudah selesai, buka programnya
4.       Klik New Project
5.       Pada bagian Project’s setting, pilih resolusi, framerate, frequency,dll sesuai keinginan. Kemudian pilih’ Import videos and images’, lalu klik finish
6.       Klik’ Drag and drop media files here’
7.       Pilih video yang ingin di edit, setelah selesai tunggu dulu proses video nya
8.       Lalu Klik apply setting
9.       Video secara otomatis masuk kedalam timeline, tidak perlu di drag ke timeline lagi seperti Video Pad
10.   Untuk mengedit video seperti menambahkan sesuatu seperti gambar dan lain sebagainya, kita cukup klik kanan pada tulisan Sprite1 pada Timeline lalu klik edit effect.
11.   Klik menu Editor, pilih add object (jika ingin menambahkan gambar, video,dll), atau pilih video effect (video effect disini bukan merupakan effect transisi antar video melainkan seperti mengubah kondisi video yang gelap menjadi sedikit terang dsb ), atau pilih audio effect (jika ingin memberikan efek suara)
*) Sebagai contoh, misal kita pilih add object -> image -> pilih gambar yang ingin kita masukkan kedalam video -> open -> pilih from manual position -> oke -> atur ukuran gambar dan letaknya -> selesai. Jika ingin gambar muncul di waktu yang kita inginkan, cukup arahkan mouse pada pinggir image yang ada di timeline hingga terdapat tanda seperti ini <-> , lalu geser. [kalau enggak paham bisa di otak-atik sendiri]
12.   Jika sudah selesai, export video pada menu export project, klik menu export project-> pilih change name -> tulis nama dan pilih letak penyimpanan video -> save -> klik menu export project lagi jika tidak ingin menyimpan video di computer dan mengubah format video, lalu pilih sesuai keinginan [untuk lebih jelasnya silahkan untuk bereksperimen sendiri] , jika tidak ingin mengubah apapun, lewati langkah ini ->klik menu Conversion -> Klik Start Conversion -> tunggu hingga export video selesai.
13.   Close program-> klik Save jika project ingin disimpan, atau klik Discard jika Project tidak ingin disimpan, atau klik cancel jika tidak ingin mengeclose program 

*)Untuk lebih mengerti lagi silahkan di otak-atik sendiri ya.

Awal saya mencoba VSDC ini juga kesulitan kok. Oh ya, tambahan lagi untuk mengedit video seperti memotong video menggunakan VSDC ini, setelah di klik kanan pada Sprite1 di timeline -> edit effect -> klik Sprite1 -> disebelah kanan akan ada informasi mengenai video kita namanya ‘Properties window’ -> scroll Properties window ke bawah -> klik cutting and splitting -> pilih yang ingin di potong dengan mengeklik start region lalu end region lalu klik cut region-> apply changes.
Ingat apapun object yang kita tambahkan melalui VSDC ini selalu klik kanan timeline object -> klik edit effect-> klik object timeline -> liat Properties Window -> lalu edit yang ada di properties window tersebut. Berikut sedikit gambarannya dari cara-cara  yang saya maksudkan di atas:

Berikut adalah link download dari
1. VideoPad Video Editor, klik disini
2. VSDC Free Video Editor, klik disini

JSELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERMANFAAT J


9 comments:

  1. Apple Clips is a video editing app that lets users create and share short videos complete with special effects, text, and graphics.
    One of the more interesting features of Clips is Live Titles, which let you create animated captions by talking as you record.
    On Facebook, users play up to 85 percent of videos without sound, making this one of the more valuable video social media tools for boosting engagement rates.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Video Editor Gratis Dan Cara Menggunakannya Untuk Para Pemula - Canvas >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Video Editor Gratis Dan Cara Menggunakannya Untuk Para Pemula - Canvas >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Video Editor Gratis Dan Cara Menggunakannya Untuk Para Pemula - Canvas >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK R0

      Delete
  2. Apple Clips is a video editing app that lets users create and share short videos complete with special effects, text, and graphics.
    One of the more interesting features of Clips is Live Titles, which let you create animated captions by talking as you record.
    On Facebook, users play up to 85 percent of videos without sound, making this one of the more valuable video social media tools for boosting engagement rates.

    ReplyDelete
  3. Kak emang yang free gak bisa export ke file video? Terus gimana ?

    Kan aku ga punya Paypal buat belinya.. :(( yang app videopad

    ReplyDelete
  4. Kog outputnya ga bisa ya... trus nyimpannya dimana?? Solusinya dong... apa beli dulu... katanya freee...plisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. videopad itu harus bayar kak. kalo vsdc itu gratis.

      Delete
  5. Tolong jelaskan detail cara potong video dengan VSDC.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. terimakasih gan artikelnya bermanfaat sekali, kata-katanya mudah dimengerti. Ngomong-ngomong soal editing video kunjungi juga 6 Software Editing Video Untuk Pemula

    ReplyDelete