Gagal Masuk Sekolah Kedinasan? Jangan Putus Asa [Part 1]

Assalamualaikum semua...
Hai apa kabar..
Lama kagak nongol lagi dan nulis lagi disini. hehe

Oke gak usah basa-basi lagi ya.. kali ini aku bakal nulis soal pengalaman ku mengikuti seleksi sekolah kedinasan. Kebetulan kan ntar lagi bakal dibuka pendaftaran sekolah kedinasan. Buat kalian yang masih bingung-bingung nentuin mau sekolah kedinasan apa, terus pantengin cerita ku aja ya? wkwk

---2014---
Oke ini berawal dari tahun 2014, setelah aku lulus SMA. Nah pas tahun 2014 ini, ada beberapa sekolah kedinasan yang aku ikuti, selain aku mendaftar SNMPTN dan Mandiri Universitas Negeri Malang. Sekolah kedinasan yang aku ikuti yaitu AMG (yang sekarang menjadi STMKG), nah disini aku daftar bareng-bareng sama temen-temen sekolah ku. Lumayan banyak sih temennya yang daftar. Dulu tes AMG ini ada beberapa tahap, kalo gak salah (seingetku lo ya) itu ada tahap 1 TKD, tahap 2 TKA, tahap 3 Wawancara, tahap 4 Kesehatan . Nah antara wawancara dan kesehatan ini tuh aku sedikit lupa mana yang tahap 3 dan mana yang tahap 4 nya.

Oke lanjut ya...Nah waktu itu tuh tes 1 TKD nya dilakukan di BKD (Badan Kepegawaian Daerah ) Kanreg II Surabaya, yang letaknya di Sidoarjo dekat sama Polda Jatim kalo gak salah. Oke lanjut ya,, jadi pas itu tuh tes nya di bagi-bagi harinya (yaiyalah yang daftar secara banyak juga yes). Aku lupa deh kegian hari apa waktu itu, udah lama juga. Yang jelas pas itu aku bareng sama temenku kalau gak salah. Kita kesana naik travel kalau gak salah waktu itu. Nah pas TKD ini tuh dalam satu kloter, alhamdulillah nilaiku diambang batas semua dan lolos.

Oke lanjut ya habis seleksi TKD, selanjutnya TKA. Nah kalau TKD tadi kan sistemnya komputer alias CAT dan langsung tau berapa nilainya hari itu juga selesai tes. Selanjutnya adalah TKA, nah pas TKA ini tuh dulu gak sistem komputer kaya sekarang. Pas tahun 2014 ini tuh masih pake sistem PBT (Paper Based Test), jadi masih ngelingkari jawaban gitulah. Nah untuk lokasinya itu kalau di Surabaya, aku lupa di mana aja, yang jelas aku pas dulu itu kebagian tes di UPN Veteran Surabaya (kalo gak salah ini deh namanya, wkwk...). Di lokasi yang sama, aku bareng sama beberapa temen ku juga. Kita tes lah di sana ya. Ya gatau kenapa ya menurut ku soalnya lumayan susah, alhasil banyak yang ngitung kancing jawabannya. ahaha.. 

Nah pas tes TKA ini tuh pengumumannya sebulan kemudian coy, lumayan lama lah nunggunya. Kalau gak salah itu pengumuman TKA nya setelah daftar ulang nya SNMPTN, karena pengumumannya ini setelah aku memperjuangkan daftar ulangku di UGM (kebetulan sempat lolos SNMPTN di UGM, tapi akhirnya gak jadi kuliah disini). Dan pas pengumuman TKA nya itu ternyata aku gak lolos, syeedihh bgt pas itu. Tapi ada temenku yg tetep lolos pas TKA itu. 

Oke lah, akhirnya aku nyoba pendaftaran sekolah kedinasan lain yang masih buka pendaftaran. Kalau gak salah aku daftar ATKP Surabaya. Tes nya juga sama sih ada beberapa tahap, yang pertama itu TKA kalau gak salah, dan tesnya dulu masih sistem PBT, jadi kita ngelingkarin jawaban gitu lah. Soal yang diujikan juga lumayan gampang kalau menurutku, soalnya hampir sama kaya UN, tapi itu dulu ya. Dulu lokasi tes ATKP ku itu di Jatim Convention Center, eh ya gak sih? lupa juga . haha... yang jelas lokasinya itu masih di Sidoarjo kalau gak salah. Dan itu dalam satu gedung, buanyak buanget orang e coy...nyari kursi ujian nya sampe susah. untungnya tempat duduknya udah di sektor-sektor gitu lah, jadi sedikit memudahkan mencari tempat duduk.
Nah pengumuman ATKP tahap 1 ini tuh kurang lebih 1bulanan paling ya, lupa juga. yang jelas aku lolos lagi. hahaha... Akhirnya lanjut tes tahap 2 kan ya, itu tes Kesehatan dan Kesamaptaan, dan bayar juga buat tes ini. Nah karena sadar aku gak ada persiapan tes ini, akhirnya gak aku lanjutin, selain karena bayar dan gak ada persiapan fisik juga. Takutnya kalo gak lolos ntar rugi gitu, ya disinilah otak-otak ekonomi beraksi gaes.

Oke lah akhirnya aku daftar kuliah biasa aja, waktu itu yang masih buka mandiri UM, yadah lah ya daftar disana dan ngambil pendidikan Kimia. Nah untungnya sih dulu mandiri UM gak ada uang gedung kaya sekarang, jadi dulu itu langsung sistem UKT, tapi UKT terbawahnya UKT golongan 3 (kalau gak salah). Nah, akhirnya aku keterimalah di UM ini, prodi pendidikan Kimia.

Kalau bayangin dulu gimana ospeknya, waaah tugasnya buanyak buanget, banyak di ajak kumpul2 HMI , yang mana kita maba gatau apa-apa dan ngikut apa kata kating. Ospek tugas banyak, belum hukumannya,dimarahin nya, etdah bayangin ospek dulu itu kek merana coy, apalagi tahun selanjutnya tuh ospeknya kaya gak seberat pas tahun ku. Akibat tugas ospek banyak, kadang sampe gak tidur seharian, trus pas materi jadi ngantuk. Trus pulang ospek itu pasti sore menjelang magrib. Belum kalau ada tugas kelompok, sampe kadang aku mikir, ini kuliah doang yang lulus belum tentu keterima kerja tapi ospek nya kok gini amat.

Tapiiiiii... ternyata ospek yang bikin gak tidur itu ada makna nya coy, kita di FMIPA itu khususnya di pendidikan kimia (karena aku kuliah di jurusan Kimia ini) itu kita penelitian bener2 sampe malam, bikin tugas juga kadang sampe gak tidur, dan tugasnya seabrek. Jadi ospek tadi tuh kaya batu loncatan supaya kita terbiasa gitu. Btw, tapi seru banget kuliah di Kimia, praktikumnya cuma Kimia doang. Kan kalo anak Biologi itu ada praktikum Biologi sama Kimianya, kalo Fisika itu praktikumnya juga Fisika dan Kimia, tapi kalo Kimia bener2 ttg Kimia doang. Kalau gak salah sih gitu.

Loh jadi kemana-mana ngomongnya. Oke skip deh ttg Kimia nya. kita lanjut lagi tentang sekolah kedinasannya di part selanjutnya ya...


---SEMANGAT YAA---

2 comments:

  1. Wah kak, aku juga gagal kedinasan dulu. Sekarang aku juga di pendidikan kimiaa. Salam kenall

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohayoo... tapi saya dah gak di kimia lagi. hehe...

      Delete