foto Panning

Halloo… lama nih gak ngeshare sesuatu di blog ini. Maklum…lagi gak punya pulsa modem. Hehehe
Oh ya, kali ini gue bakal ngeshare tentang foto Panning.
Foto panning itu adalah foto sebuah benda yang bergerak dan seakan2 pergerakannya itu cepat sekali (semacam blur lah backgroundnya) . Selain itu banyak orang berpendapat bahwa foto panning harus pakai kamera DSLR (Kamera yang lensanya bisa diganti2 itu loh) .


 Tapi, sebenarnya foto panning gak harus kok pakai kamera DSLR. Pakai kamera HP dan kamera poket/saku pun juga bisa. Mungkin banyak orang bertanya2, “Kok bisa pakai kamera HP?” .Yaaah…melalui serangkaian percobaan yang tidak luput dari kata “gagal” , akhirnya gue bisa ngebuktiin kalau kamera HP juga bisa buat panning. Tapi, salah satu kelemahan panning pakai kamera HP adalah pergerakan objek harus kita yang ngatur, misalnya kaya objek bros kupu2 yang kita gerakin sendiri.

Oke…
Bakal gue BONGKAR deh gimana caranya panning pakai kamera HP dan kamera poket/saku.

1.Kamera HP

                Kebanyakan orang berpendapat kalau kamera HP gak bisa buat apa2,karena semua serba auto. Tapi, menurut hasil percobaan gue, ternyata kamera HP gak cuma buat foto biasa aja ataupun buat narsis aja, tapi sebenernya bisa buat foto panning juga. Oke..ini beberapa hasil foto panning gue pakai bros kupu2:



.
Ini Cuma foto uji coba gue aja


Ini percobaan pertama gue. Radak gagal sih
Nah…ini kamera HP gue Cuma gue atur ke Modus Malam doing. Dan ini gue pake kamera HP SAMSUNG GT-C3322 Duos.
Ini foto2 yang gue kira cukup berhasil dan bisa dibilang sebagai foto panning:





Naaah…gimana2? Masih meragukan keajaiban kamera HP? Biarpun Cuma pakai kamera HP, tapi cobalah untuk lebih kreatif lagi.
Fotografi kan gak butuh kamera mahal, fotografi butuh kreatifitas.


2. Kamera Poket/Saku


            Kebanyakan kamera poket/ saku ini juga serba auto, tapi mungkin ISO nya masih bisa diatur2 sendiri. Nah, untuk memperoleh foto panning pakai kamera poket/Saku ini gampang2 sulit. Tapi,yang jelas kita ubah ISO kamera menjadi ISO terkecil yang ada didalam kamera (missal: ISO 80) . Kemudian arahkan kamera ke objek, tekan tombol shutter sampai setengah penuh atau sampai fokus, ikuti pergerakan objek, kemudian tekan shutter secara penuh. (Harus banyak2 belajar deh pokoknya).
Ini beberapa fotonya:



Ini foto awalnya,radak gagal sih

Oh ya, gue ini motretnya pakai kamera poket temen gue hunting sepur, si Tajudin . Type Kamera: Canon Ixus 95 IS , ISO 80 .










0 komentar: